Rabu, 09 April 2014

MIND MAPPING



Apa Itu Mind Mapping?
Mind Mapping bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Pemetaan pikiran yang merupakan salah satu metode terbaik untuk mengoptimalkan kapasitas belajar yang dan pemahaman tentang bagaimana unsur-unsur struktur yang kompleks yang terhubung. Otak bekerja dengan cara yang berbeda. Orang yang berbeda berpikir dengan cara yang berbeda. Namun, sementara Anda berpikir dan penalaran mengikuti struktur yang bersifat pribadi untuk Anda, Anda masih menggunakan sejumlah teknik yang berlaku untuk kebanyakan orang.
Ada beberapa "program" dimuat dalam kesadaran Anda. Program-program ini adalah "software berpikir alami". Anda mendapatkan mereka disertakan dengan pikiran Anda ketika Anda memasuki dunia ini. Tapi kebanyakan orang berhenti di situ ...

Dan coba tebak ... otak Anda bekerja dengan cara yang persis sama! Anda dilahirkan dengan khusus "otak-program" untuk dapat belajar dan menghafal semua pengalaman selama hidup Anda. Anda memiliki satu "otak-Program" untuk mengingat khusus
kesempatan, satu program yang mengingat gambar, salah satu yang mengingat struktur, dll.
                Hal yang fantastis tentang pemetaan pikiran adalah bahwa ia menggunakan "otak-program" dan memurnikan mereka! Pemetaan pikiran hanya mengoptimalkan kekuatan yang sudah ada dalam pikiran Anda. Maksud saya adalah otak bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip dasar tertentu, dan Anda dapat menggunakan pikiran peta untuk mengambil keuntungan dari mereka untuk meningkatkan kreativitas dan memori.

Ada beberapa prinsip dasar, dan ini adalah yang penting dalam mind mapping:
·           Gambar
Apa yang Anda lihat, Anda akan ingat! Anda memiliki kapasitas yang sangat besar untuk mengingat
foto dan gambar. Otak terus-menerus mengambil "foto" hidup Anda dan menyimpan ini dalam album foto raksasa di dalam kepala Anda, dan Anda benar-benar dapat mengambil mereka setiap  saat. Ini sangat penting untuk pemetaan pikiran, karena lebih mudah untuk mengingat gambar daripada mengingat garis panjang teks murni.
·           Berita
Hal ini jauh lebih mudah untuk mengingat kata-kata tunggal, frase pendek dan headline yang mencolok,
daripada mengingat teks murni. Hal ini cukup jelas, Anda bisa mencoba untuk mengutip seluruh bab melalui ratusan jam belajar - dan pasti pula gagal. atau Anda hanya bisa menuliskan judul untuk setiap titik penting, dan masih ingat 95% informasi penting ... itu terserah Anda.
·            Connection
Kesadaran Anda selalu menganalisa bagaimana hal-hal saling terhubung satu sama lain. dan ketika itu dilakukan, pikiran menciptakan sebuah gambar untuk melambangkan struktur. Banyak kerja otak didasarkan pada asosiasi dan secara otomatis menghubungkan mata pelajaran yang berbeda bersama-sama untuk menciptakan sebuah sistem. Hal ini penting untuk membiarkan otak Anda bekerja dengan cara yang diinginkan dan membantu, bukannya memaksa untuk mengambil arah tertentu.

Manfaat Mind Mapping

1.         Bila Anda ingin mempercepat proses belajar Anda
Jika Anda ingin dapat menyerap pengetahuan lebih cepat, ini adalah alat untuk digunakan. Secara pribadi, saya telah berhasil mengurangi waktu yang dibutuhkan saya untuk belajar sekitar 70 % sejak saya mulai
menggunakan pemetaan pikiran , tanpa mengorbankan jumlah informasi.
2.         Ketika mengembangkan ide-ide baru
Saya selalu menggunakan pemetaan pikiran untuk membantu saya ketika saya perlu untuk mengembangkan ide-ide dengan cepat. Itu menjadi begitu mudah untuk datang dengan ide-ide baru dan untuk memahami gambaran besar, dan benar-benar mempercepat proses.
3.         Bila Anda ingin bekerja dengan orang lain
Bila Anda mencurigai bahwa rekan-rekan Anda mungkin tidak akan mengikuti Anda, atau jika Anda hanya ingin cara mudah untuk menggambarkan ide yang kompleks, pemetaan pikiran membantu. Misalnya, jika Anda ingin menyajikan sebuah konsep baru untuk perusahaan Anda. Membuat peta pikiran dan meminta rekan Anda untuk melakukan hal yang sama, kemudian membandingkan. Anda akan menemukan bahwa solusi muncul dengan sangat sedikit kerja.
4.         Bila Anda perlu memahami sistem yang rumit atau struktur
Hal ini sulit untuk melihat gambaran besar ketika ada ribuan faktor yang perlu diingat. Tapi dengan peta pikiran, Anda sudah memiliki segala sesuatu yang terstruktur, dan Anda tidak berisiko terganggu oleh masing-masing komponen. Hal ini membuat mudah bagi Anda untuk
mendapatkan gambaran dari seluruh proyek .
5.         Dan ribuan situasi lain ...
... bahwa saya bisa memikirkan hanya menggunakan imajinasi Anda. Ada hampir tak terbatas
kemungkinan ketika datang untuk menggunakan pemetaan pikiran untuk membuat tugas-tugas kompleks lebih mudah untuk menangani. Dan tidak sulit untuk belajar. Bahkan, itu sangat sederhana, dan Anda tidak perlu memiliki pengalaman atau keahlian untuk memulai contoh immediately. Jika Anda menulis sebuah novel dan Anda ingin datang dengan banyak ide mungkin untuk alur cerita Anda, peta pikiran Anda mungkin terlihat seperti ini:





Cara Membuat Mind Mapping

Membuat mind map sebenarnya tidak susah, yang diperlukan hanya kemauan dan kertas untuk mencatat. Kertas yang digunakan bisa A4 atau kertas kosong apa saja.
Berikut ini contoh cara membuat mind mapping sebagai catatan dari membaca sebuah buku.
  1. Tulislah judul buku yang sedang Anda baca di tengah-tengah kertas, pertegas dengan lingkaran. 
  1. Ketika memasuki bagian-bagian penting, buat garis yang merupakan cabang dari bagian utama.
  1. Ketika menemukan sub-bagian dari pokok pembahasan sebelumnya buatlah ranting untuk menghubungkan dengan bagian sebelumnya. Begitu seterusnya…
Nah, sudah terbentuk satu mind mapping bukan. Jangan lupa, gunakan keyword atau kata kunci untuk menulis bagian-bagiannya. Anda bisa pula menambahkan gambar untuk memudahkan Anda untuk mengingat atau memahami dengan baik.

Hal-Hal yang Diperhatikan pada Metode Mind Mapping
1.    Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah
Contohnya, apabila kita sedang mempelajari pelajaran perkembangan hidup makhluk hidup baik manusia, tumbuhan dan hewan, maka tema utamanya adalah Siklus Kehidupan.
2.    Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
Dari tema utama “Siklus Kehidupan”, maka tema-tema turunan dapat terdiri dari : Manusia, Ayam, Katak, Burung ,dll.
3.    Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
Dari setiap tema turunan tertama akan muncul lagi tema turunan kedua, ketiga dan seterusnya. Maka langkah berikutnya adalah mencari hubungan yang ada antara setiap tema turunan. Gunakan garis, warna, panah atau cabang dan bentuk-bentuk simbol lain untuk menggambarkan hubungan diantara tema-tema turunan tersebut..
Pola-pola hubungan ini akan membantu kita memahami topik yang sedang kita baca. Selain itu Peta Pikiran yang telah dimodifikasi dengan simbol dan lambang yang sesuai dengan selera kita, akan jauh lebih bermakna dan menarik dibandingkan Peta Pikiran yang “miskin warna”.
4.    Gunakan huruf besar
Huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja di Peta Pikiran. Selain itu, membaca suatu kalimat dalam gambar akan jauh lebih mudah apabila dalam huruf besar dibandingkan huruf kecil. Penggunaan huruf kecil bisa diterapkan pada poin-poin yang sifatnya menjelaskan poin kunci.
5.    Buat peta pikiran di kertas polos dan hilangkan proses edit
Ide dari Peta Pikiran adalah agar kita berpikir kreatif. Karenanya gunakan kertas polos dan jangan mudah tergoda untuk memodifikasi Peta Pikiran pada tahap-tahap awal. Karena apabila kita terlalu dini melakukan modifikasi pada Peta Pikiran, maka sering kali fokus kita akan berubah sehingga menghambat penyerapan pemahaman tema yang sedang kita pelajari.
6.    Sisakan ruangan untuk penambahan tema
Peta Pikiran yang bermanfaat biasanya adalah yang telah dilakukan penambahan tema dan modifikasi berulang kali selama beberapa waktu. Setelah menggambar Peta Pikiran versi pertama, biasanya kita akan menambahkan informasi, menulis pertanyaan atau menandai poin-poin penting. Karenanya selalu sisakan ruang di kertas Peta Pikiran untuk penambahan tema. 

Source:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar