Senin, 12 Mei 2014

PERENCANAAN PERUMAHAN KEDUNGMUNDU, TEMBALANG



Pengembang Lirik Kedungmundu untuk Perumahan




SEMARANG - Memenuhi peningkatan rumah kelas menengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, sejumlah pengembang melirik kawasan perbukitan di wilayah Kedungmundu, Mangunharjo dan Meteseh di Kecamatan Tembalang sebagai daerah pengembangan perumahan baru.

Wakil Ketua DPD Real Estate Indonesia Jawa Tengah, Djoko Santoso, Minggu (13/5/2012) mengemukakan, untuk kelayanan pembangunan rumah dibutuhkan lahan siap bangun mininal satu hektar.

Daerah yang masih potensi untuk membangun rumah kelas menengah banyak di Kecamatan Tembalang, bagian Utara. Lokasi area perbukitan tapi konturnya datar dan lembah menawarkan view bagus bagi lokasi perumahan baru.

 Daerah Kedungmundu, Mangunharjo dan Meteseh pada 2004 sebenarnya didesain sebagai kota satelit di Semarang. Namun, daerah ini tertinggal setelah Pemkot mengalihkan kota satelitnya di Mijen dan Bukit Semarang Baru di kawasan Kedungpane dan sekitarnya.

Rumah-rumah baru berbagai tipe kini banyak dibangun di Tembalang, mulai harga Rp 130 juta hingga Rp 1,2 miliar. Harga ini melonjak seiring harga jual tanah juga naik paling murah Rp 500.000 per meter persegi.

Sumber: KOMPAS.com Minggu, 13 Mei 2012 | 16:37 WIB

Tanggapan saya:
Kelurahan Kedungmundu merupakan salah satu Kelurahan di kecamatan tembalang dengan luas wilayah kurang lebih 149,25 ha  dan jumlah penduduk sebanyak   10.329 jiwa. Kelurahan Kedungmundu merupakan Kelurahan yang  cukup strategis karena berada di bagian bawah  wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. View dan suasana di daerah tersebut juga cukup bagus untuk dijadikan sebuah kompleks perumahan.
Daerah tembalang yang termasuk daerah yang sering terkena banjir harus menjadi pertimbangan bagi para calon penghuni rumah, dan menjadi permasalahan bagi para arsitek untuk mencari solusi permasalahan banjir.
Apabila kita membicarakan mengenai perumahan yang mewah, kita juga tidak boleh menomorduakan masalah pemukiman masyarakat kecil yang sangat jelas perbandingannya dengan perumahan-perumahan mewah. Infrastruktur di pemukiman masyarakat kecil seperti mushola/masjid, puskesmas kondisi jalan dan lain sebagainya juga harus diperhatikan dan dipenuhi supaya masyarakat kecil juga dapat menikmati fasilitas yang memadai.

Sekian tanggapan dari saya, terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar